Kenalan Dengan Meniere, Penyakit Jessie J Yang Ganggu Pendengarannya

Akhir-akhir ini penyanyi Jessie J mengaku bahwa dirinya mengidap sebuah penyakit yang bernama penyakit Meniere. Penyakit tersebut akhirnya membuat pelantun lagu Price Tag tersebut mengalami masalah dalam bernyanyi dan juga mendengarkan.

Sekilas Tentang Penyakit Meniere

Penyakit Meniere atau yang juga dikenal dengan Meniere Disease  adalah sebuah kelainan yang berpengaruh pada telinga bagian dalam manusia. Telinga bagian dalam seperti yang kita ketahui memiliki tanggung jawab untuk keseimbangan dan juga pendengaran. Kondisi itu selalu menyebabkan vertigo ataupun munculnya transaksi berputar-putar. Kondisi ini menyebabkan masalah pendengaran dan juga munculnya suara yang berdengung di telinga. Pada umumnya Penyakit ini menyerang satu telinga saja.

Penyakit ini sifat yang kronis akan tetapi dengan perawatan yang juga perubahan gaya hidup bisa membantu Untuk meringankan gejala nya.

Gejala Serta Penyebab Meniere

Dilansir dari CNN Indonesia, seperti penyakit-penyakit yang lainnya, Meniere pun menimbulkan berbagai gejala seperti misalnya di bawah ini:

1. Kehilangan pendengaran

Pada masa awalnya gangguan pendengaran pada penyakit ini sifatnya datang dan juga pergi. Akan tetapi kebanyakan orang mengalami gangguan pendengaran yang permanen seiring dengan berjalannya waktu.

2. Vertigo yang berulang-ulang

Seseorang dikatakan bakal mengalami sensasi kepalai yang berputar-putar secara spontan apabila menderita penyakit ini. Episode vertigo pada umumnya terjadi tanpa adanya peringatan dan pada umumnya berlangsung selama 20 menit sampai dengan beberapa jam. Vertigo yang parah juga bisa menyebabkan rasa mual.

3. Perasaan penuh di telinga

Orang yang mengidap penyakit ini juga sering merasakan adanya tekanan di telinga mereka. Bahkan di tingkat yang jauh lebih parah episode vertigo dapat menyebabkan kehilangan pendengaran yang permanen. Penyakit ini pun bisa memicu stress dan juga kelelahan sehingga bisa mengganggu kualitas hidup dari para pengidapnya.  Sampai saat ini belum diketahui dengan pasti sebenarnya apa yang menyebabkan meniere. Akan tetapi para ilmuwan mempercayai bahwasanya gejala yang ditimbulkan nampaknya disebabkan oleh endolimfa atau jumlah cairan yang tak normal di telinga bagian dalam.

Sementara itu beberapa faktor juga berpengaruh pada jumlah cairan yang ada dalam telinga seperti misalnya: predisposisi genetik, infeksi virus, respons imun yang tak normal, dan juga drainase cairan yang tak tepat kemungkinan dikarenakan adanya penyumbatan ataupun kelainan anatomi.

4. Dengung di telinga

Selalu dalam medis, persepsi munculnya suara dengung yang ada di telinganya dikenal juga dengan istilah tinnitus. Kondisi inilah yang sering terjadi pada orang yang mengidap meniere.

Dikarenakan tak ada penyebab tunggal s7slot yang mana diidentifikasi, kemungkinan besar penyakit meniere ini disebabkan kombinasi berbagai faktor. Dilansir dari cnn indonesia juga bahwa penyakit ini merupakan penyakit kronis yang tak bisa diobati.

Akan tetapi bukan berarti ceritanya tidak bisa berbuat apa-apa karena dengan beberapa perawatan disebutkan bisa meringankan gejala seperti misalnya penggunaan alat bantu dengar, operasi untuk mereka yang mengalami gangguan yang sudah parah dan juga terapi fisik.  Tidak hanya itu, pengobatan yang harus dijalani juga dengan mengubah pola makan karena bisa membantu mengurangi jumlah cairan yang ada di telinga bagian dalam serta meredakan gejala-gejala yang timbul. 

Orang yang menderita penyakit ini harus membatasi beberapa asupan seperti misalnya msg ( monosodium glutamat),  minuman minuman beralkohol, coklat, kafein dan juga garam. Mereka juga dianjurkan untuk beristirahat selama vertigo menyerang kemudian makan secara teratur dan tidak lupa untuk mengelola stres. Jika hal tersebut dilakukan makan bisa membantu mengatasi gejalanya.