Dokter Li Wenliang Meninggal Dunia

Dokter yang pertama kali memperingatkan public akan hadirnya virus corona di Cina, Li Wenliang meninggal dunia. Sang dokter bahkan sempat mendapat peringatan dari pihak berwajib saat mempublikasikan tentang virus tersebut.Sebagaimana yang dimuat pada South China Morning Post, Rumah Sakit Pusat Wuhan telah mengonfirmasi wafatnya doker tersebut.

Dokter Li Wenliang terinfeksi virus corona

Dokter berusia 34 tahun tersebut meninggal dunia pada Jumat (7/2/2020) pukul 02.58 waktu setempat akibat terinfeksi virus corona. Juru bicara rumah sakit mengatakan melalui akun media social Weibo yang dikutip oleh SCMP bahwa dokter spesialis mata, Li Wenliang meninggal saat karena infeksi virus corona yang membuatnya mengalami epidemic pneumonia.

Pihak rumah sakit juga menyatakan telah melakukan upaya terbaik untuk membuat dokter Li Wenliang sadar kembali. Pernyataan tersebut ditutup dengan ucapan duka cita mendalam atas wafatnya sang Dokter.

Merespon publikasi pihak rumah sakit tersebut masyarakat Cinta memberi komentar pedas.Mereka menuntut pihak kepolisian dan pemerintah berwenang untuk meminta maaf atas sikap mereka saat dokter Li berusaha memperingatkan tentang wabah virus corona ini.

Masyarakat Cina marah

Seorang pengguna Weibo mencuit peristiwa yang dialami dokter Li ini adalah sejarah memalukan pada anti epidemic di Cina.Dokter Li meninggal dunia dalam upayanya membuka mata masyarakat dan pihak kepolisian Wuhan belum mengingat peringatan tentang virus tersebut bahkan pasca meninggalnya Li Wenliang.

Dokter muda tersebut memberi peringatan kepada teman-teman sesama dokternya pada sebuah grup chat online pada 30 Desember 2019. Menurutnya ada sebuah penyakit yang mirip dengan SARS dan diidap oleh beberapa pasien di rumah sakit Wuhan.Seluruh pasien telah dikarantina pada sebuah unit gawat darurat.

Di hari yang sama saat Li memberitakan hal ini pihak medis yang berwenang mempublikasikan tentang penemuan 27 jenis virus baru di kota tersebut. Sebagian besar pasien yang terjangkit terkoneksi dengan pasar di kota Wuhan yang mayoritas menjual makanan laut togel online.

Sebagaimana dikutip BBC, dokter Li memberi peringatan kepada teman-teman seprofesinya untuk berhati-hati dalam merawat pasien yang mempunyai gejala yang terkait dengan virus baru itu.Li juga mengingatkan untuk mengenakan pakaian pelindung bagi teman-temannya untuk menghindari infeksi virus.

Pihak berwenang menuduh dokter LI Wenliang menyebarkan rumor

Pihak pemerintah kota Wuhan pada mingu pertama bulan Januari bersikeras penyebaran virus tersebut hanya dapat terjadi jika terjadi kontak dengan hewan. Pihak berwenang juga tak merilis panduan perlindungan dari virus untuk tim kesehatan. Li dan tujuh orang koleganya justru mendapat panggilan polisi saat memperingatkan masyarakat tentang wabah virus baru tersebut.

Mereka semua dipaksa untuk tak mengungkap kepada public tentang infeksi virus corona serta menandatangani surat pernyataan. Masih di awal Januari, juru bicara Partai Komunis melalui stasiun televisi setempat, CCTV menuduh dokter Li serta tujuh koleganya menyebarkan fitnah dan hoax.

Penyiar televisi pada acara tersebut mengatakan bahwa stasiun TV mereka bukanlah tempat untuk mempublikasikan berita tanpa dasar hukum. Selain itu dia menambahkan bahwa polisi tak akan mentolerir sikap menyebarkan hoax secara illegal yang dapat mengakibatkan kecemasan masal serta mengganggu ketertiban umum.

Pada akun Weibo miliknya Li mengatakan tetap bekerja pada tanggal 3 Januari 2020 walaupun polisi mengawasinya.Seminggu kemudian, tepatnya di tanggal 10 Januari 2020 Li mengalami batuk.Dia menulis pada media sosialnya bahwa dia demam pada tanggal 11 Januari 2020 dan dirawat intensif keesokan harinya di rumah sakit.

Bahkan pada saat kondisinya menurun pemerintah tetap tak mengakui bahwa virus tersebut dapat menular antar manusia dan bersikeras bahwa staf medis tak ada yang tertular.Hal ini membuat Li terguncang.

Sehari sebelum dinyatakan terinfeksi corona hasil tes Li negative tetapi dia sulit bernapas dan orangtuanya pun turut dirawat di rumah sakit. Dokter Li juga mengunggah surat peringatan dengan ancaman hukuman yang ditandatangani pada tanggal 3 Januari 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *