Shin Tae Yong Observasi Lapangan Terbaik di Jakarta

Kabar datang dari pelatih anyar yang didapuk menangani Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. Ia akan melakukan survey sampai dengan pelosok Jakarta hanya untuk mendapatkan tempat pemusatan latihan yang ideal. Hal tersebut terungkap dari Asisten Pelatihnya yang baru, Nova Arianto.

Observasi Lapangan Terbaik di Jakarta untuk Pemusatan Latihan

Nova Arianto mengungkapkan bahwa pelatih asal Korea Selatan tersebut lebih menyukai dan memilih latihan di rumput daripada lapangan sintetis. “Ya, coach Shin mau melihat apartemen dulu, setelah itu dia mau melihat tempat latihan di Jakarta karena dia butuh lapangan yang bagus. Ia tidak mau lapangan sintetis, maunya yang rumput,” ungkap Nova dilansir dari CNN Indonesia.

Lapangan itu menurut penuturannya akan digunakan untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia senior. Pilihannya tersebut ada di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Lapangan ABC Senayan dan Stadion Madya. “Lapangan A, B, C sedang direnovasi. PTIK sepertinya tak mungkin. Nanti kita lihat mau di mana termasuk jika nanti ada opsi yang lainnya di lapangan lainnya,” ungkap Nova.

Bukan hal yang mudah juga untuk mendapatkan lapangan sepak bola dengan kualitas yang bagus. Di era kepemimpinan Luis Milla yang melatih Timnas Indonesia, misalnya, lapangan yang diimilik oleh Universitas Pelita Harapan di Karawaci, Tangerang, yang jadi pilihannya. Kualitas lapangan yang bagus pasalnya dipercaya dapat mempengaruhi pola latihan pemain-pemain nantinya result sgp.

Setelah Shin Tae Yong tiba di Jakarta hari Rabu (8/1) kemarin malam, ia sudah menggelar pertemuan dengan staf kepelatihan di Kantor PSSI yang dilangsungkan hari Kamis (9/1).

Dalam pertemuan itu, dibahas juga masalah pembagian struktur kepelatihan dan juga rencana untuk menyeleksi dan pemusatan latihan Timnas Indonesia U19. Khusus untuk Timnas U19, seleksi akan digelar mulai tanggal 13-18 Januari 2020 tepatnya di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Sedangkan untuk pemusatan latihan digelar di Thailand dari tanggal 20 Januari sampai 1 Februari mendatang. “Setelah Timnas Indonesia U-19, baru bakal ada pemanggilan dan pemusatan latihan untuk timnas senior dan U-23 untuk persiapan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022,” imbuh Nova.

Shin Tae Yong Mau Dengarkan Para Pelatih Indonesia

Shin Tae Yong yang menggelar sejumlah observasi beberapa lapangan terbaik di Jakarta nampaknya juga ingin mendengar beberpaa masukan dari pelatih-pelatih Indonesia. Nova Arianto menilai bahwa sosok tae Yong merupaka orang yang mau mendengar apa pendapat dan juga kebutuhan Indonesia.

Shin Tae Yong sudah memulai pekerjaannya sebagai pelatih Timnas Indonesia. Ia juga sudah melakukan pertemuan dengan beberapa pelatih lokal. Nova menilai bahwa Shin Tae Yong ini adalah sosok yang mudah untuk diajak kerja sama.

“Saya lihat dia orang yang mudah diajak kerja sama dan mau dengar apa yang diinginkan Coach Indra (Sjafri), dan Sekjen (Ratu Tisha Destria), apa yang dibutuhkan timnas sekarang. Dia juga detail pada hal-hal yang harus dipersiapkan di saat seleksi dan pemusatan latihan nanti,” bebernya lagi. Ia menganggap bahwa Shin Tae Yong adalah pelatih yang perfeksionis karena mengamati tiap detail dalam hal penyusunan program Timnas Indonesia. “Menurut saya, Shin Tae Yong adalah pelatih yang detail dalam arti tadi yang ditanyakan pemain tidur jam berapa, bangun jam berapa, latihan pagi jam berapa, latihan sore jam berapa, jadwal salat kapan saja. Dia ingin melihat kebiasaan pemain untuk disesuaikan dengan jadwal latihan,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *